About me

Foto saya
Saia,, adalah saia... apapun kta orang,, saia tetaplah saia... inilah saia... dengan segala yang saia punya.. :)
Feeds RSS
Feeds RSS

Jumat, 14 Januari 2011

cara mudah belajar perkalian

Ingatkah saat2 SD dulu.... Kita dengan susah payah menghapalkan perkalian .... Mpe guru punya ide untuk membariskan anak2 dan yang bisa menghapal perkalian baru boleh masuk kelas...
Cara itu sangat efektif saat itu,, tapi masih bisakah diterapkan sekarang??

Sekarang susah sekali meminta anak2 untuk menghapal perkalian,, padahal udah di rayu2 dengan kata2 manis dan bijaksana, "perkalian itu penting lhoo ... nanti akan dipake trus..." tapi tetep ajah ga mempan...

mpe akhirnya, saya teringat pada mata kuliah workshop matematika,, ada tentang cara menghapalkan perkalian dan sepertinya mudah untuk digunakan, alat yang kita perlukan hanya JARI TANGAN kita ...

Orang2 sejak dulu telah berusaha mencari metode-metode atau cara-cara supaya perhitungan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Oleh karena itu pernah ditemukan cara mengalikan dua bilangan yang lebih kecil dari 10, yang disebut cara silang.

Andaikan kita mencari hasil dari perkalian 7 x 9.

Yang harus kita lakukan pertama kali adalah mencari selisih dari 10 dan 7, yaitu 3. Kemudian cari pula selisih antara 10 dan 9, ialah 1. Perbanyakan kedua selisih itu yaitu 3 x 1 = 3. Hasil perkalian ini merupakan satuan hasil kalinya.
Lalu ambil selisih antara 7 dengan 1 atau 9 dengan 3, maka diperoleh 6. Selisih ini merupakan angka  puluhannya.

Jadi,, 7 x 9 = 63

Selain dengan perkalian silang di atas, perkalian silang antara 6 dan 10 dapat dilakukan dengan jari tangan. Misalnya kita mencari hasil kali 8 x 9.
Cara nya adalah sebagai berikut:
- hadapkan tangan kita ke kita.
- jari tangan kiri kita beri nomor dari 6 sampai dengan 10; nomor 6 untuk ibu jari, nomor 7 untuk telunjuk, nomor 8 untuk jari tengah, nomor 9 untuk jari manis, dan nomor 10 untuk kelingking.
- Dengan cara yang sama seperti diatas, beri nomor jari-jari kanan kita dari 6 sampai dengan 10. Ibu jari, telunjuk, jari tengah, jari manis, dan kelingking berturut-turut diberi nomor 6,7,8,9, dan 10.
- Hasil kali yang kita cari adalah 8 x 9. Tempelkan ujung jari kiri nomor 8 dengan ujung jari kanan nomor 9.

Banyaknya jari-jari di atas jari kiri nomor 8 dan di atas jari kanan nomor 9yang ditempelkan (termasuk jari-jari yang di tempelkan) ada 7 yaitu nomor 6,7, dan 8 untuk jari kiri dan nomor 6,7,8, dan 9 untuk jari kanan. Tujuh ini merupakan angka puluhan dari hasil kali. Banyaknya jari kiri dibawah nomor 8 ada dua, yaitu nomor 9 dan 10. Banyak jari kanan di bawah nomor 9 ada 1 yaitu 10. Kalikan banyak jari kiri dibawah nomor 8 dengan banyaknya jari kanan dibawah nomor 9 diperoleh : 2 x 1 = 2. Dua merupakan angka satuan hasil kali.

Jadi, 8 x 9 = 72..

Selain cara-cara di atas, terdapat cara yang lebih praktis untuk mempelajari perkalian 9 dengan menggunakan jari, yaitu sebagai berikut.
Hadapkan tangan kita kedua-duanya ke kita. beri nomor kesepuluh jari tersebut dari nomor 1 sampai dengan 10; nomor 1 untuk ibu jari kiri, nomor 2 untuk telunjuk jari kiri, ... , nomor 5 untuk kelingking jari kiri, nomor 6 untuk kelingking tangan kanan, ... , nomor 10 untuk ibu jari tangan kanan.
Andaikan kita diminta menghitung 4 x 9.
Tekukkan jari kiri nomor 4. Di atas jari kiri yang ditekukkan ada 3 jari kiri dan dibawahnya (nomor yang dibawahnya) ada 6 jari (1 jari kiri dan 5 jari kanan). Banyak jari di atas jari yang ditekukkan merupakan angka puluhan sedangkan banyaknya jari di bawah jari yang ditekukkan merupakan angka satuan dari perkalian itu.

Jadi, 4 x 9 = 36...

0 komentar:

Posting Komentar