About me

Foto saya
Saia,, adalah saia... apapun kta orang,, saia tetaplah saia... inilah saia... dengan segala yang saia punya.. :)
Feeds RSS
Feeds RSS

Rabu, 29 Desember 2010

Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga dan Media Pembelajaran Matematika dalam Era Pemelajaran Berbasis Komputer


Matematika merupakan suatu ilmu pengetahuan yang universal yang dibangun oleh kesepakatan berbentuk aksioma, dalil, postulat, teorema, dan rumus-rumus, sehingga matematika menjadi salah satu materi pelajaran wajib yang diajarkan di setiap sekolah.
Adapun tujuan khusus dari pelajaran matematika adalah melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pola pemikiran, mengembangkan kemampuan mengembangkan masalah, dan mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan.
Matematika mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia, namun matematika justru menjadi pelajaran yang paling tidak disukai oleh siswa karena dipandang rumit dan tidak menarik. Salah satu penyebab dari timbulnya rasa tidak suka pada pelajaran matematika yaitu kurangnya variasi penyampaian materi pelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan alat peraga dan media pembelajaran dalam menyampaikan materi ajar.
Seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, komputer dapat digunakan sebagai alat peraga dan media pembelajaran yang baik. Kelebihan-kelebihan komputer dalam penyimpanan dan pengolahan data serta pembuatan animasi-animasi diharapkan akan mampu membuat tampilan yang berbeda dalam pembelajaran matematika sehingga mampu menarik minat  siswa dalam mempelajari matematika.
Istilah komputer diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung ( to compute ). Secara umum komputer dapat didefinisikan sebagai alat elektronik yang mampu melakukan tugas – tugas diantaranya menerima input, memproses input sesuai dengan programnya (yang tersimpan dalam memori), menyimpan perintah – perintah dan hasil pengolahan data, menyediakan output dalam bentuk informasi, bekerja secara otomatis.
Dalam komputer terdapat software-software aplikasi yang membantu melaksanakan tugas-tugas di atas, antara lain: Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dan Macromedia Flash.
Adanya komputer melahirkan suatu metode pembelajaran elektronik atau e-Learning. E-Learning yaitu bentuk pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik untuk penyampaian isi, interaksi ataupun dari segi penggunaan media berbasis web.
E-learning mempermudah interaksi antara siswa dengan bahan/materi pelajaran. Demikian juga interaksi antara guru dengan siswa maupun antar sesama siswa. Siswa dapat saling bertukar informasi dan guru dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa, termasuk juga soal-soal ujian yang hanya dapat diakses oleh siswa.
Komputer memiliki keunggulan-keunggulan yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan alat peraga dan media pembelajaran matematika. Aplikasi-aplikasi dalam komputer dapat dimanfaatkan dalam merancang/membuat alat peraga maupun media pembelajaran. Adapun beberapa aplikasi yang dapat digunakan yaitu:

               Microsoft Word
                                    Microsoft Word merupakan suatu program pengolah data yang berfungsi untuk pembuatan, pengeditan, penyimpanan, pengambilan dan pencetakan dokumen yang berupa teks. Dalam pembuatan alat peraga dan media pembelajaran matematika, software aplikasi ini dapat dimanfaatkan dalam pengolahan teks dari materi pembelajaran dan dapat pula disertakan dengan gambar atau foto. Pengolahan teks yang dimaksud dapat berupa pemilihan jenis tulisan, ukuran, ketebalan, warna dan lain-lain. Selain itu, pada Microsoft Word juga dapat di buat rumus-rumus matematika dengan menggunakan aplikasi Microsoft Equation.


Gambar 1. Contoh penggunaan Microsoft Word sebagai materi pembelajaran matematika
 


 Microsoft Excel
                                    Microsoft Excel merupakan aplikasi lembar kerja elektronik yang berfungsi untuk mengolah angka. Dalam pembuatan alat peraga dan media pembelajaran matematika, aplikasi ini dapat digunakan dalam pembuatan grafik dan perhitungan matematika.


Gambar 2. Contoh penggunaan Microsoft Excel sebagai soal latihan interaktif



 Microsoft Power Point
                                    Microsoft Power Point adalah program aplikasi untuk membuat suatu presentasi. Sebuah file presentasi terdiri dari sekumpulan slide. Dalam tiap slide dapat diisi dengan teks, grafik, atau gambar serta animasi suara dan animasi gambar.
                                    Dalam pembuatan alat peraga dan media pembelajaran matematika, program ini dapat dimanfaatkan saat proses belajar – mengajar. Pengajar dapat menggunakan Microsoft Power Point dalam penyampaian  materi pembelajaran dengan disertakan gambar atau suara yang dapat mendukung isi materi.


            Gambar 3. Contoh tampilan model pembelajaran bidang diagonal menggunakan Microsoft Power Point


Program Macromedia Flash
                        Macromedia Flash adalah salah satu dari program aplikasi pembuat animasi yang dinamis dan interaktif. Macromedia Flash memiliki keunggulan dalam menampilkan multimedia, gabungan antara grafis, animasi, suara atau interaktivitas bagi pemakai, sehingga bila diterapkan dalam pembuatan alat peraga dan media pembelajaran program ini akan mampu menarik perhatian siswa.

Gambar 4. Contoh software pembelajaran matematika dengan materi pokok Barisan dan Deret


        Namun, dalam pemanfaatan komputer dalam pembuatan dan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran memiliki beberapa hambatan, antara lain:
     1. keterbatasan kesediaan sarana, dalam hal ini komputer karena untuk menyediakan komputer dibutuhkan biaya yang cukup besar.
      2. keterbatasan kemampuan dalam mengoperasikan komputer.
      3. memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatannya.

       Untuk menghadapi hambatan-hambatan yang ada, maka dalam penerapan penggunaan komputer dalam pembuatan dan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran matematika maka diperlukan adanya pelatihan-pelatihan mengenai hal tersebut. Dengan pelatihan yang baik dan berkelanjutan maka akan dapat dihasilkan alat peraga dan media pembelajaran yang baik sehingga dapat menarik minat siswa untuk mempelajari matematika.

1 komentar:

Muhammad Anas mengatakan...

Terima kasih
anasbgl2.blogspot.com

Posting Komentar