About me

Foto saya
Saia,, adalah saia... apapun kta orang,, saia tetaplah saia... inilah saia... dengan segala yang saia punya.. :)
Feeds RSS
Feeds RSS

Kamis, 27 Januari 2011

ALJABAR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Tanpa disadari, kita sering menggunakan perhitungan aljabar dalam kehidupan sehari-hari. Banyak manfaat yang dapat diambil. Kita bisa dengan cepat menyelesasikan masalah persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, masalah aritmetika sosial, bahkan kita juga bisa menggunakan perbandingan untuk menyelesaikan suatu masalah.


Coba perhatikan gambar di atas. Aktifitas yang dilakukan oleh orang-orang pada gambar di atas banyak sekali, ada yang melakukan aktifitas jual-beli, baik menggunakan uang atau sistem barter. Dengan cepat mereka bisa menghitung keuntungan ataupun kerugian yang mereka dapat. Selain contoh di atas kita juga bisa mengambil contoh lainnya. Misalnya saja ada seorang developer yang ingin membeli tanah untuk membangun perumahan, developer itu bisa memperkirakan berapa luas tanah yang harus dibeli, dan berapa jumlah rumah yang harus dibangun supaya bisa mendapat keuntungan.

Kejadian-kejadian seperti itu dapat kita perhitungkan dengan menerapkan aljabar. Materi-materi yang bisa diterapkan yaitu tentang PLSV dan PtLSV dalam menentukan model matematika dari masalah yang mau kita cari pemecahan masalahnya, kemudian tinggal ditentukan penyelesaiannya.

Contoh masalah sehari-hari yang dapat kita selesaikan dengan penerapan aljabar:

Uang saku Kiki 2.000 rupiah lebih banyak dari adiknya. Setiap hari Ibunya memvberi uang pada Kiki dan adiknya setinggi-tingginya 15.000 rupiah. Tentukan batas maksimal uang saku Kiki dan adiknya?

Jawab:

Misalkan uang saku Kiki adalah x, maka uang saku adik adalah (x-2000). Sehingga:
Uang saku Kiki + uang saku adik ≤ 15.000
x + (x-2.000) ≤ 15.000
2x – 2.000 ≤ 15.000
2x ≤ 17.000
x ≤ 8.500
jadi, uang saku Kiki maksimal Rp. 8.500,00, sedangkan uang saku adiknya adalah maksimal Rp. 6.500,00.

Selain perhitungan sederhana seperti di atas, aljabar juga daapt diterapkan dalam menentukan untung-rugi serta presentasenya dalam perdagangan, persentase bunga dan perhitungan-perhitungan utang piutang dalam bidang perbankan, perhitungan skala dalam bidang geografi.

3 komentar:

Tiara Finandhyta D mengatakan...

aku mengerti,, thanks ya...

mr.azzahro fashion mengatakan...

OK BANGET TULISANNYA,,SALAM KENAL

Unknown mengatakan...

TERIMAKASIH TULISANNYA SANGAT MEMBANTU :D

Posting Komentar